Percayalah, Cepat Tangkap Ide di Sekitar Kita

Oleh : Aulia Manaf
   
Ide memang sering berseliweran di sekitar kita. Namun kadang tak jua muncul. Sampai kita capek menantinya. Tapi sejauh pengalaman saya menemukan ide, tidak hanya di lingkungan kita saja, keluarga, anak-anak, tetangga, tapi juga bisa kita dapatkan di koran dan majalah yang agak lama. Tentu juga ide kita dapatkan instan saat surfing di internet.  Tinggal kita jeli untuk menangkapnya dan segera mengeksekusi.
Di sini saya hanya sharing, pengalaman menemukan ide menarik untuk membuat cerpen. Pertama kali saya membuat cerpen dan pertama kali juga dimuat. Tentu menjadi pengalaman yang tidak terlupa. 
Saat itu si kecil saya masih masuk playgrup. Siang itu sepulang dari sekolah (saya dan suami masih menjadi kontraktor, alias masih ngontrak di Prigen ), dia bermain di ruang tamu sendiri. Tiba -tiba terdengar musik dangdut mendekat dan bisa di tebak ada badut ngamen di depan rumah. Si kecil langsung lari masuk kamar dan teriak, "Bunda! Ada badut!"
"Kenapa lari, sayang? Gak apa-apa, kok".
Saya langsung menghampiri badut itu dan memberikan uang dua ribuan. Saya jadi penasaran, kenapa anak-anak kecil banyak yang lari? Jawaban anak saya bisa di tebak. Katanya takut, badutnya serem. Tidak seperti di pesta-pesta ulang tahun. Aha ! Ini bisa menjadi ide yang menarik, batin saya waktu itu. 
Sorenya, saya langsung membuat ide pokok, konflik (ironisnya seorang badut yang harusnya menghibur, tapi malah menakutkan buat anak-anak), dan ending cerita.
Berdasarkan ilmu yang sudah saya dapatkan waktu ikutan workshop menulis cerita pendek di Surabaya beberapa minggu sebelumnya (bersama Asma Nadia), saya bertekad untuk mempraktekkan ilmu menulis cerpen. Dan ternyata , alhamdulillah, cerpen pertama saya yang berjudul "Balada Badut Ngamen" dimuat di koran lokal Radar Bromo (Jawa Pos Group) di bulan Mei 2010. Soal imbalan honor tidak terlalu penting, yang sangat menggembirakan hati adalah saya bisa memberikan sebuah pemikiran dan hikmah untuk pembaca. Ada kepuasan batin di sana. 
Dan sampai sekarang pun, kalau ada ide yang berseliweran, langsung tangkap saja. Dimuat atau tidak di media cetak, tetap menulis sampai kapan pun ! 
Yuk, semangat terus ibu-ibu hebat !





       

2 Responses to "Percayalah, Cepat Tangkap Ide di Sekitar Kita"

  1. Sangat menginspirasi, dhek.
    Keren bingit...
    Pokoknya 3M...menulis, menulis, dan menulis ya...

    BalasHapus

IIDB Jatim

IIDN